Headlines News :
Home » » Nyamik Ajak Kembangkan Lada di Jatipurno

Nyamik Ajak Kembangkan Lada di Jatipurno

Ditulis oleh: admin ,pada hari Minggu, 22 Januari 2017 | 09.35



Wonogiri- Sampai saat ini hampir sebagian besar petani perkebunan di Jatipurno mulai resah dengan kondisi yang ada, mulai tingginya biaya produksi, seperti harga bibit, pupuk dan pestisida sampai cuaca yang tidak menentu. Ditambah rendahnya harga jual disaat musim panen tiba, terlebih untuk kawasan Jatipurno sebelah utara di kaki gunung lawu serangan hama kera sampai saat ini belum bisa di tanggulangi, akhirnya banyak lahan perkebunan yg di telantarkan. Hal tersebut di sampaikan Nyamik Saptari di dusun Mener Desa Jatipurwo, Sabtu (21/1).

Nyamik yang juga menjabat sebagai Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri dari Fraksi PKS ini  menjelaskan “Saat ini yg masih menjadi pribadona di lahan perkebunan adalah cengkeh.   Tapi harga jual saat panen sangat tidak stabil, terlebih ada rencana dari salah satu perusahan yang  sedang mencanangkan bantuan bibit cengkeh besar-besaran, di tambah dengan bantuan pendampingan penyuluh lapangan. Saya khawatir 5 tahun kedepan harga cengkah akan anjok karena stok yg sangat melimpah ruah, dan yg lebih khawatir lagi akan terulang kembali monopoli cengkeh seperti jaman orde baru dulu, yang buntutnya masyarakat membabat habis pohon cengkeh miliknya, Padahal sudah mengeluarkan biaya pemeliharaan yang sangat mahal. Terlalu banyak mafia di tata niaga cengkeh,  Sehingga mimpi indah petani tidak pernah tercapai. 10 tahun yang lalu kalau panen petani bisa membeli perhiasan, mobil atau minimal motor, tapi saat ini untuk sekedar menabung saja susah”.

“Setelah kami mempelajari dan mencari penjelasan dari beberapa pakar ternyata kita bisa mengembangkan tanaman perkebunan alternatif yaitu lada (mrica), ini juga dikarenakan seluruh wilayah jatipurno cocok untuk budidaya tanaman lada. Kelebihan lainnya yaitu harga bibit terjangkau, hemat pupuk, biaya pemeliharaan murah, dan terlebih harga jual sangat bagus dan lebih stabil”. Imbuh Anggota Komisi IV yang membawahi bidang kesejahteraan rakyat ini sebagai langkah solutif.

Selain mengajak masyarakat khususnya pentani untuk mengembangka tanaman lada, pertemuan yang di hadiri petani juga anggota FMPP(Forum Masyarakat Peduli Petani) ini sekaligus sebagai sarana serap aspirasi dari masyarakat dan rutin di tempat lainnya.

Share this article :

2 komentar:

  1. Mantab, lanjutkan Berdayakan petani

    BalasHapus
  2. Mamik - jakarta23 Januari 2017 09.06

    Alhaamdullilah....semoga Allah memberikan kemudahan dan keberhasilan... tetap semangat

    BalasHapus

Info Baru

Info Baru

Taujih Rabbani


Buku Tamu

FB Like

 
Support : Creating Website | FB
Copyright © 2011. PKS WONOGIRI - All Rights Reserved
Template Created by maskolis Published by Mas Template
Re Design by bismillahcom