Headlines News :
Home » » Menulis Reportase

Menulis Reportase

Ditulis oleh: admin ,pada hari Minggu, 26 November 2017 | 15.48



Wonogiri.pks.id-Beranjut materi kedua yang dimulai pada pukul 12.30 WIB, masih di kegiatan Pelatihan menulis Citizen Journalism Zaman Now , peserta berlatih untuk membuat reportase. Pemateri, Abu Salma, mengawali materi dengan menyampaikan pentingnya memperhatikan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) maupun penggunaan tanda baca yang benar. Karena, kesalahan-kesalahan pada ejaan dan penggunaan tanda baca pada sebuah berita akan sangat berpengaruh terhadap penilaian pembaca. Beliau juga menyarankan kepada peserta untuk mengunduh aplikasi KBBI V di playstore untuk kemudahan akses. 

Pemateri menyampaikan beberapa poin penting, mulai dari definisi reportase, teknik reportase, struktur berita dan lain-lain. Pemateri juga memberikan beberapa contoh tentang reportase dari media-media daring baik yang nasional maupun lokal, sehingga peserta bisa mengetahui gaya penulisan dari masing-masing media itu bisa jadi berbeda. Selain memahami gaya penulisan, tetapi juga mengkoreksi kesalahan-kesalahan yang ditemukan pada artikel-artikel tersebut. Tidak lupa pemateri juga menyampaikan tentang etika jurnalisme yang harus selalu menjadi pegangan saat menuliskan sebuah berita reportase. 

Selain menerima materi, peserta diminta untuk membuat reportase, serta dipresentasikan langsung. Dengan tujuan agar peserta bisa praktek langsung dalam menulis reportase, sehingga jika terjadi kesalahan-kesalahan bisa langsung dikoreksi. Para peserta pun dengan antusias berlomba-lomba untuk maju mempresentasikan hasil tulisannya agar bisa dikoreksi oleh pemateri. Peserta yang belum sempat menyelesaikan tulisannya tetap diminta oleh panitia sebagai bagian dari penugasan.(Dika)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Info Baru

Info Baru

Taujih Rabbani


Buku Tamu

FB Like

 
Support : Creating Website | FB
Copyright © 2011. PKS WONOGIRI - All Rights Reserved
Template Created by maskolis Published by Mas Template
Re Design by bismillahcom