Headlines News :
Home » » Wawan Ajak Hidupkan Wisata Gunung Gandul

Wawan Ajak Hidupkan Wisata Gunung Gandul

Ditulis oleh: admin ,pada hari Minggu, 12 Februari 2017 | 17.29


Wonogiri-Salah satu ikon Wonogiri yang tak kalah terkenal adalah gunung Gandul, terletak sekitar 3 km sebelah barat laut kota Wonogiri, akses jalan untuk menuju kawasan puncak cukup bagus dan bisa dilalui kendaran bermotor roda dua, untuk mencapai puncaknya memang kita harus sedikit berjalan kaki dengan medan yang cukup terjal, namum rasa penat akan segera terobati ketika sampai di puncak seraya menyaksikan pemandangan kota Wonogiri dari atas.


Di gunung ini juga didiami fauna endemik yaitu kera ekor panjang atau yang biasa dipanggil “kethek” oleh masyarakat Wonogiri. Namun Kondisinya sekarang berbeda dari keterangan Wawan Arifianto  Anggota Komisi III DPRD Wonogiri saat melakukan silaturahim sekaligus pertemuan dengan warga lingkungan Joho Kidul dan Gandul akhir pekan kemarin. Warga menuturkan “Dulu ketika gunung Gandul masih banyak dikunjungi warga, kera-kera ini jarang sekali nampak. Tetapi, sekarang ketika gunung Gandul sepi dan tidak banyak dikunjungi orang, kera ini jadi seperti penguasa di gunung. Dan mungkin dengan semakin sedikitnya tanaman yang bisa dimakan akhirnya kera ini menyerang taman penduduk seperti jagung, sayuran, singkong, ketela, serta tanaman palawija lainnya”.
“Apalagi disaat musim kemarau tiba, dimana tanaman warga sudah habis maka kera-kera tersebut akan masuk ke pemukiman warga untuk mencari makanan” imbuh warga.


Wawan Arifianto saat berdialog bersama warga sekitar gunung Gandul
Dari keterangan warga tersebut Wawan yang kebetulan bertempat tinggal tidak jauh dari gunung Gandul ini mengusulkan untuk membangkitkan kembali wisata gunung Gandul yang harapannya kawasan wisata ini bisa dikelola oleh warga sekitar, tentunya dengan melakukan beberapa penataan lokasi dan sarana pendukung juga meningkatkan publikasinya, bisa dengan memanfaatkan sosial media semisal facebook atau instagram tentang keberadaan wisata gunung Gandul. Dan tak kalah pentingnya menurut Anggota Fraksi PKS ini yaitu penanaman pohon buah buahan seperti duwet, jambu, pisang, nangka dan lain-lain yang tujuannya menambah ketersedian makanan dikawasan sekitar gunung sehingga diharapkan kera-kera tersebut tidak merusak tanaman warga.


Selain itu  Wawan juga akan membantu berkomunikasi dengan Pemkab dan Perhutani terkait permasalahan rusaknya tanaman warga juga pengelolaan kawasan Gunung Gandul sebagai daerah wisata.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Info Baru

Info Baru

Taujih Rabbani


Buku Tamu

FB Like

 
Support : Creating Website | FB
Copyright © 2011. PKS WONOGIRI - All Rights Reserved
Template Created by maskolis Published by Mas Template
Re Design by bismillahcom