Headlines News :
Home » , » Ini Dia Rahasia Pelatihan Kepemimpinan Kader Muda PKS

Ini Dia Rahasia Pelatihan Kepemimpinan Kader Muda PKS

Ditulis oleh: admin ,pada hari Senin, 01 Agustus 2016 | 16.54




Lazimnya pelatihan, diadakan indoor dan outdoor. Penyajian materi dilengkapi dengan seperangkat tayangan slide lewat LCD, sekaligus berbagai games yang dikemas apik. Tujuannya tak lain adalah optimalisasi seluruh organ tubuh untuk menyerap info.



Pun dengan kader muda-sebutan untuk anak kader-PKS Wonogiri, Ahad 31 Juli 2016. Dalam rangkaian acara Halal Bi Halal DPD PKS yang dihadiri ribuan kader dan simpatisan se-Wonogiri ini, merekapun mendapatkan porsi pelatihan tersendiri. Setiap jenjang usia sejak batita hingga remaja tak luput dari "proyek akbar" persiapan regenerasi ini.



Adalah Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) dan Garuda Keadilan (GK) yang menggawanginya. Ajang bermain dan pementasan di atas panggung dijadikan sebagai sarana proses pelatihan itu. Sepertinya terdengar berlebihan. Lebay. Namun sebenarnya amatlah logis.



Jika diamati, beberapa permainan untuk usia batita sampai dengan SD bernuansakan optimalisasi daya imajinasi dan kreatifitas. Sebutlah play dough. Permainan membuat berbagai tiruan benda ini melatih otak kanan untuk bekerja maksimal. Bagaimana membuat bentuk es krim, rumah, sate, buah, dll. Pun puzzle tikarnya. Sebagian anak menyulapnya menjadi kubus, rumah-rumahan, jalan setapak di tengah taman, bahkan kursi goyang! Dahsyat, bukan?😅Begitu juga dengan kereta kuda tiruannya. Membuat mereka membayangkan sedang menjadi seorang sais kereta.



Selain itu, dalam permainan menembak bekas wadah agar-agar, anak-anak dilatih berkonsentrasi penuh. Fokus. Sekaligus mengenal olahraga yang mirip dengan panahan ini. Sunnah Rasul-Nya.



Sementara, bakiak tandem mengajarkan tentang pentingnya kerjasama, kekompakan serta pengaturan strategi kelompok. Ini tidak bisa dipisahkan dalam proses kepemimpinan. Ego yang berlebihan akan mampu menghancurleburkan kereta organisasi. Muflis. Bangkrut.



Uji keberanian dan percaya diripun menyeruak saat beberapa kader muda yang tergabung dalam GK melantunkan parade tahfidzul Qur'an serta puisi syahdu. Berdiri dan disaksikan ratusan pasang mata membutuhkan mental baja, karena grogi dan stres berpeluang besar untuk merajalela. Seorang pemimpin yang peragu, mudah panik dan percaya dirinya rendah akan mudah sekali digoyang oleh musuh. Bagaimana ia akan mengayomi orang-orang yang dipimpinnya jika mengayomi dirinya sendiripun tak mampu.



Semua permainan tadi sebenarnya bermuara pada satu hal, yaitu goal setting. Pemimpin harus memiliki visi dan misi yang jelas atas kepemimpinannya. Mau dibawa ke mana orang-orang yang dipimpinnya. Tak sekedar dilantik dan memiliki program kerja.

Bermimpi, visioner, dilandasi dengan kesadaran yang tak bertepi.


Inshaa Allah sekian tahun ke depan kader muda PKS siap menerima tongkat estafet kepemimpinan itu. Dengan segenap ikhtiar dan izin-Nya.


Kontributor : Idho Nofrida
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Info Baru

Info Baru

Taujih Rabbani


Buku Tamu

FB Like

 
Support : Creating Website | FB
Copyright © 2011. PKS WONOGIRI - All Rights Reserved
Template Created by maskolis Published by Mas Template
Re Design by bismillahcom