Headlines News :
Home » , » Pentingnya Pendidikan

Pentingnya Pendidikan

Ditulis oleh: japi achmad ,pada hari Kamis, 24 Maret 2016 | 16.23

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi siapapun, karena dengan pendidikan akan tercipta kehidupan yang bahagia.

Pendidikan tidak harus sekolah resmi, justru mereka yang sukses di dunianya adalah orang yang tidak punya ijazah, tapi bukan berarti ijazah tidak penting,  yang terpenting adalah bagaimana mendapatkan ilmu dan memanfaatkannya untuk kehidupan.

Saking pentingnya pendidikan pemerintah juga memberlakukan sistem wajib belajar pendidikan dasar kepada seluruh rakyat, bahkan bagi yang tidak mampu akan ada fasilitas, hal ini dimaksudkan agar manusia menjadi maju dan cerdas baik secara intelektual maupun spiritual.

Berikut 4 hal alasan kenapa pendidikan itu penting buat kita.

Pendidikan Memberi Bekal Kehidupan.
Tidak dapat dipungkiri, zaman sekarang pendidikanlah yang membuat orang cerdas hingga mereka mampu bertahan hidup dan membahagiakan keluarga. Hal ini bisa dikatakan pendidikan adalah bekal bagi kehidupan. Mereka yang berpendidikan tentu akan mendapatkan banyak ilmu dan ilmu itulah yang akan digunakan sebagai bekal untuk menjalani kehidupan yang semakin lama semakin berat.

Pendidikan Jalan Ilmu dan Kedewasaan.
Salah satu cara mendapatkan ilmu yaitu dengan mengikuti proses pendidikan, baik di lembaga formal maupun non formal. Karena di sanalah para guru menyebarkan ilmunya ada proses pewarisan nilai-nilai. Akan terasa sulit jika mencoba meraih pengetahuan tanpa bimbingan guru atau hanya lewat buku semata. Jalan ilmu di sebuah lembaga pendidikan juga terbentang luas, banyak sekali fasilitas pendidikan yang dapat dipilih sesuai minat dan bakat.
Pendidikan juga akan membuka jalan kedewasaan, bagi orang yang giat mencari ilmu dalam sebuah pendidikan akan mendapatkan banyak pengalaman, sehingga kelak di kemudian hari mereka akan lebih bijak dalam menghadapi sesuatu permasalahan.

Pembentukan Karakter Diri.
Pendidikan juga akan membentuk karakter diri seseorang, bisa kita melihat dalam proses pendidikan militer yang sangat disiplin dan tegas, maka mereka yang terdidik dalam pendidikan tersebut akan lebih terasa sekali karakter kedisiplinan dan ketegasannya.
Tidak kalah juga dengan mereka yang mengenyam pendidikan di pondok pesantren, mereka juga mempunyai karakter yang kuat dan tegas.
Yang pasti dimanapun pendidikan itu pasti akan membentuk seseorang yang berkarakter dan tentunya karakter yang positif dan bermanfaat bagi kehidupan.

Memajukan Bangsa dan Negara
Dengan adanya pendidikan tentu akan membuat manusia semakin cerdas dan maju dalam berfikir, mereka tidak akan tertinggal oleh arus globalisasi. Hal ini juga akan berpengaruh pada ketahanan dan kemajuan suatu bangsa, semakin banyak ilmuwan serta semakin tinggi kecerdasan penduduknya, maka bangsa tersebut akan mampu bertahan dalam situasi apapun bahkan mampu menjadi negara super power, yang mampu mempengaruhi bangsa-bangsa lainnya.

Contoh yang jelas adalah bapak Ir. Habibie yang mampu membuat pesawat, dr Warsito yang menemukan alat anti kanker dan masih banyak lagi lainnya. Mereka lahir dari sebuah pendidikan dan karya mereka mampu mengharumkan nama bangsa Indonesia di tingkat internasional.

Sekali lagi pendidikan itu penting, entah di lembaga pendidikan resmi atau tidak resmi, yang pasti jangan sampai kita jauh dari pendidikan agar kehidupan kita menjadi lebih baik, di dunia maupun di akhirat kelak.

Semoga menginspirasi.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Info Baru

Info Baru

Taujih Rabbani


Buku Tamu

FB Like

 
Support : Creating Website | FB
Copyright © 2011. PKS WONOGIRI - All Rights Reserved
Template Created by maskolis Published by Mas Template
Re Design by bismillahcom