Headlines News :
Home » » Makanan Tidak Hanya Berpengaruh Pada Pertumbuhan Tapi Juga Kepribadian

Makanan Tidak Hanya Berpengaruh Pada Pertumbuhan Tapi Juga Kepribadian

Ditulis oleh: japi achmad ,pada hari Senin, 21 Maret 2016 | 18.57



Pernahkan kita memperhatikan cara makan kita sehari-hari?  Jika tidak maka segera lah berubah, karena apa yang kita makan harus benar-benar diperhatikan semuanya, karena makanan akan mempengaruhi kehidupan dan kepribadian seseorang.

Makan tidak bisa seenak perutnya saja, makan sepuasnya bahkan tidak memperhatikan adab dan bahan makanan itu sendiri.  Orang yang seperti ini akan sulit hidupnya, selain kegemukan, sulit bergerak, ia juga akan banyak menimbun penyakit di dalam tubuhnya.

Jadi bagi kamu yang ingin hidup sehat, makanan kamu juga bermanfaat bagi tubuh serta mendatangkan keberkahan, kamu harus paham beberapa hal di bawah ini.

Pentingnya Makan Makanan Halal dan Baik


Allah Swt mengingatkan dengan jelas soal makanan ini , ALLAH berfirman dalam Alquran
“Wahai manusia, makan makanan yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi dan janganlah kamu mengiktui langkah-langkah syetan, karena sesungguhnya syetan adalah musuh yang nyata bagimu” (Al baqarah:168)

Makanan halal dan baik akan membuat doa cepat dikabulkan oleh ALLAH, tapi jika yang masuk kedalam tubuh manusia adalah makanan haram, maka doa akan sulit dikabulkan.
Selain itu setan juga bisa ikut masuk ke dalam tubuh kita jika makanan yang di makan adalah makanan haram, syetan akan mengalir dalam tubuh manusia seiring peredaran tubuh manusia.


Makanan Halal dan Baik Akan Ber Efek Baik dan Sebaliknya


Setiap makanan yang masuk akan diolah dan menjadi sel-sel, sel membentuk jaringan dan seterusnya, sehingga seluruh tubuh berfungsi karena makanan yang dikonsumsi, bila yang masuk halal dan baik, maka akan terbentuk pribadi yang baik.

Demikian pula sebaliknya, jika makanan yang kita makan itu buruk dan haram makan terbentuk pribadi yang buruk, tak heran jika orang barat suka makan daging babi, akhirnya sifat mereka hampir seperti babi yang hampir tak punya malu.

Makan Harus Teratur dan Tidak Berlebihan


Rasulullah menganjurkan kita agar makan teratur dan secukupnya, seperti yang tertuang dalam hadits beliau.
“Tidaklah seseorang anak adam memenuhi suatu wadah dengan kejelekan kecuali perutnya. Cukuplah bagi anak adam suapan makanan yang membuat tulang punggungnya tegak.

 Jika tidak dapat mengalahkan nafsunya maka sebaiknya dia mengisi sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman dan sepertiga untuk napasnya” (Hr Tirmidzi, Ahmad dan Ibnu Majah)

Perhatikan Adab Makan yang Baik


Walaupun makanan sudah halal dan baik, kita juga perlu memperhatikan adab makan kita, karena jika kita salah menggunakan tangan atau menggunakan tangan kiri, maka setan akan ikut masuk ke dalam aliran darah kita.

Basuhlah tangan, ambillah makanan secukupnya, berdoa atau basmallah, makan dengan tangan kanan, ambil makanan yang paling dekat, mengambil makanan dari pinggir, jangan mencela makanan,makan dengan 3 jari dan terakhir makan duduk jangan berdiri.

Semoga bermanfaat bagi kita semuanya.


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Info Baru

Info Baru

Taujih Rabbani


Buku Tamu

FB Like

 
Support : Creating Website | FB
Copyright © 2011. PKS WONOGIRI - All Rights Reserved
Template Created by maskolis Published by Mas Template
Re Design by bismillahcom