Headlines News :
Home » , » Makan Gorengan ? Siapa Takut !

Makan Gorengan ? Siapa Takut !

Ditulis oleh: japi achmad ,pada hari Senin, 28 Maret 2016 | 16.27

Gorengan mungkin sudah tak asing di telinga orang Indonesia.

Sebagai teman minum kopi ataupun teh, disantap dengan aneka cocolan pun juga mantap enaknya. Bukan itu saja, harga yang bersahabat juga menjadikan gorengan banyak penggemarnya.

Namun, akhir-akhir ini sering kita dengar dari berbagai media tentang dampak yang bisa ditimbulkan akibat makanan yang satu ini. Memang sih pengolahan gorengan yang kurang higienis kadang menghadirkan banyak bahaya yang mengancam tubuh kita, yups, mulai dari sakit tenggorokan, kegemukan, hingga kanker bisa disebabkan olehnya.

Nah, buat kalian yang cinta dengan gorengan jangan khawatir, ada tips sehat makan gorengan nih, disimak baik-baik yuk!

Selektif Dalam Memilih Jenis Gorengan

Sobat, yang pertama kalian harus selektif dalam memilih jenis gorengan. Yang dimaksud di sini adalah ketika kamu membeli gorengan, perhatikan dulu kondisi penjual dan kebersihan barang dagangannya.
Kalau si penjual terlihat ‘jorok’ atau terlihat sakit seperti batuk-batuk dan tidak memakai penutup (masker) tentunya kita pikir-pikir dulu bukan untuk membeli gorengannya?
Bukan itu saja, perhatikan juga minyak yang dipakai untuk menggoreng. Kalau kelihatannya minyak sudah keruh dan coklat, itu pasti minyaknya sudah digunakan berkali-kali. Hati-hati Sobat, minyak bekas seperti ini bisa jadi sumber kanker lho.

Sebelum Makan, Tempelkan Gorengan ke Kertas Tisu

Minyak di gorengan bisa bikin kita sakit tenggorokan dan berisiko kolesterol. Nah, untuk mengurangi kandungan minyaknya, mulai sekarang biasakan untuk menempelkan sisa-sisa minyak pada gorengan ke kertas tisu sebelum memakannya.

Jangan Makan Gorengan Langsung Setelah Diangkat dari Minyak Panas

Sabar Sobat, meskipun terlihat menggoda, kalau baru diangkat dari penggorengan jangan disantap dulu. Selain masih panas, kandungan minyaknya juga masih banyak karena belum ditiriskan dengan sempurna.
Bukan itu saja, ternyata suhu panas minyak goreng bisa membentuk zat akrilamida yang bisa menghasilkan zat radikal bebas yang tinggi. Risikonya bahkan bisa memicu kanker bagi konsumennya.

Perbanyak Minum Air Putih Setelah Makan Gorengan

Yang terakhir ini sudah tidak diragukan lagi. Air putih memang sangat bisa dihandalkan untuk memerangi minyak seperti ini. Jadi, ketika kamu sedang suka-sukanya makan gorengan, imbangi juga dengan memperbanyak air putih.
Nah, itu dia sedikit tips agar makan gorenganmu tidak begitu membawa pengaruh buruk bagi kesehatanmu. Tapi dikontrol juga ya Sobat, jangan sampai berlebihan, karena konsumsi jangka panjang pasti akhirnya akan berujung pada hal-hal yang tidak diinginkan. Makan gorengan ? siapa takut !
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Info Baru

Info Baru

Taujih Rabbani


Buku Tamu

FB Like

 
Support : Creating Website | FB
Copyright © 2011. PKS WONOGIRI - All Rights Reserved
Template Created by maskolis Published by Mas Template
Re Design by bismillahcom