Headlines News :
Home » , » Triwisaksana: Komunikasi Efektif, Kunci Rumah Tangga Harmonis

Triwisaksana: Komunikasi Efektif, Kunci Rumah Tangga Harmonis

Ditulis oleh: admin ,pada hari Senin, 21 Januari 2013 | 14.40

Pesanggrahan - Salah satu hal penting dalam membina hubungan rumah tangga agar tetap berjalan dengan harmonis adalah dengan komunikasi efektif antara suami dan istri. Komunikasi menjadi poin penting dalam menjaga keharmonisan rumah tangga. Dengan lancarnya komunikasi maka segala interaksi yang lain juga pasti akan berjalan baik.

Jika kita telusuri lebih dalam lagi, maka komunikasi merupakan salah satu nikmat besar yang dianugerahkan kepada kita. Karena dengan adanya komunikasi, kita lebih mudah dikenali dan dipahami.

Demikian disampaikan Triwisaksana pada acara rihlah keluarga besar Unit Pembinaan Kader DPC PKS Pesanggrahan di Sunset View Hotel, Jl Raya Pantai Carita KM 11 Pantai Carita Pandeglang Banten, Sabtu 21 Januari 2012 pukul 17.00 WIB.

Dan banyaknya kasus dalam rumah tangga, kata Triwisaksana, entah itu perceraian, perselingkuhan, ataupun Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), bermula dari komunikasi yang kurang baik dan efektif, yang memunculkan efek salah paham dan ketegangan. “Akibatnya terjadilah hal-hal yang dapat membuat keretakan dalam rumah tangga,” papar Bang Sani, panggilan akrab Triwisaksana.

Komunikasi yang baik merupakan pondasi bagi pernikahan yang sehat. Sani menjelaskan ada beberapa cara komunikasi yang bisa dilakukan agar rumah tangga tetap harmonis. Pertama, menghormati perbedaan pendapat. Komunikasikan bersama setiap ada perbedaan pendapat tanpa perlu mengedepankan ego masing-masing. Dengan memahami setiap perbedaan pasti akan menemukan solusi yang dapat disepakati walaupun bukan yang terbaik.

Kedua, menjadi pendengar yang baik. Seringkali orang lebih senang mendominasi pembicaraan ketimbang mendengarkan. Padahal dengan mendengarkan kita memiliki ketrampilan komunikasi yang lebih baik daripada yang berbicara. Cobalah meluangkan waktu untuk mendengarkan pasangan kita.

Ketiga, sabar. Salah satu poin utama dalam setiap hubungan rumah tangga adalah kesabaran. Cobalah berbesar hati dan siap menerima apabila pasangan kita melakukan kesalahan dan memaafkannya, tentu saja komunikasikan permasalahan yang ada untuk menemukan solusi terbaik.

“Dengan cara komunikasi efektif di atas rumah tangga kita akan tetap harmonis. Walaupun badai pasti akan tetap datang, namun jika kita dan pasangan dapat bekerjasama dan berkomunikasi dalam mengatasi masalah, tentu kita bakal segera melewati badai dan menemukan cahaya matahari yang terang,” pungkas Sani.
Share this article :

1 komentar:

  1. salam ukhuwah... makasih banyak atas informasinya.. ^_^ komunikasi degnan keluarga memang rahasia sukses sejati

    BalasHapus

Info Baru

Info Baru

Taujih Rabbani


Buku Tamu

FB Like

 
Support : Creating Website | FB
Copyright © 2021. PKS WONOGIRI - All Rights Reserved
copyright @2020 PKS Wonogiri